Kelas : 2KA19
NPM : 10116041
Dosen : DYAH AYU DAMAYANTI
1. Pengertian
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode
yang mengelola Sistem Informasi (SI) dan secara filosofis terpusat pada
perspektif konsumen layanan Sistem Informasi terhadap bisnis perusahaan.
Manajemen Layanan Sistem Informasi itu berfokus pada
proses dan Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut memiliki peminatan yang
sama dengan kerangka kerja dan metodologi gerakan perbaikan proses seperti Six
Sigma, ERP, dan sebagainya. Disiplin tersebut tidak memperdulikan detail
penggunaan produk suatu pemasok tertentu atau detail teknis suatu sistem yang
dikelola oleh Manajemen Layanan Sistem Informasi, melainkan disiplin tersebut
memfokuskan pada upaya penyediaan kerangka kerja untuk menstrukturkan aktivitas
yang terkait dengan sistem informasi dan interaksi antara personel teknis
Teknologi Informasi dengan pengguna Teknologi Informasi.
Manajemen Layanan Sistem Informasi itu pada umumnya
menangani masalah tentang operasional manajemen sistem informasi, bukan pada
pengembangan teknologinya sendiri. Contohnya pada proses pembuatan software komputer
untuk dijual bukanlah fokus dari disiplin ini, melainkan sistem komputer yang
digunakan oleh bagian pemasaran dan pengembangan bisnis di perusahaan perangkat
lunak yang menjadi fokus perhatiannya. Banyak perusahaan non-teknologi, seperti
pada industri keuangan, ritel, dan pariwisata, yang memiliki sistem Teknologi
Informasi dan perusahaan tersebut sangat berperan penting, walaupun tidak terpapar
langsung oleh konsumennya.
Jadi, kesimpulan yang dapat diambil menurut saya,
Manajemen Layanan Sistem Informasi adalah suatu metode yang memfokuskan pada
konteks dan persepsi konsumen dalam layanan Sistem Informasi dan metode
tersebut menangani masalah tentang karakteristik yang ada pada manajemen sistem
informasi.
2. Manfaat
Berikut adalah manfaat Manajemen Layanan Sistem
Informasi bagi Lingkungan Sekitar:
- Menambah kecepatan akses/aksesibilitas data yang tersaji tepat waktu dan akurat bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi tersebut tanpa adanya suatu perantara sistem informasi.
- Menjamin tersedianya keterampilan dan kualitas dalam memanfaatkan sistem informasi secara baik dan benar.
- Mengidentifikasikan kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
- Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
Jadi, kesimpulan yang dapat diambil menurut saya, manfaat Manajemen Layanan
Sistem Informasi dalam lingkungan sekitar adalah untuk mempermudah masyarakat
dalam menggunakan layanan sistem informasi yang nantinya akan digunakan dalam
persaingan antar bisnis suatu perusahaan.
3. Peranan
Peranan manajemen layanan sistem informasi bagi
lingkungan sekitar adalah sebagai berikut :
- Mendukung Operasional Bisnis.
Manajemen layanan sistem informasi telah menyediakan
dukungan dalam operasional bisnis seperti akuntansi hingga penelusuran pesanan
pelanggan maupun kegiatan-kegiatan bisnis yang dilakukan masyarakat
sehari-hari.
- Mendukung Keunggulan Strategis.
Sistem informasi yang telah dirancang sedemikian rupa
dapat membantu mencapai sasaran yang dapat membantu individu bersaing dengan
perusahan-perusahaan lainnya.
- Perencanaan Strategi Perusahaan dan Kebijakan
Perencanaan Strategi Perusahaan dilakukan untuk
mengetahui selera konsumen serta peluang pasar.
- Meningkatkan Aksebilitas Data
Data dapat diakses secara cepat dan on-time dan akurat
bagi para pengguna Manajemen Layanan Sistem Informasi.
- Meningkatkan Strategi Suatu Layanan Secara Global dan Menyeluruh
Meningkatkan strategi mampu meningkatkan persaingan
bisnis secara global serta melakukan pengelolaan dan pengawasan pasar.
- Meningkatkan Efisiensi Kerja
Manajemen layanan sistem informasi berguna sekali untuk
mengolah berbagai macam transaksi, menekan biaya dan menghasilkan pendapatan
sebagai salah satu produk atau pelayanan mereka.
- Meningkatkan Daya Saing Bisnis
Semakin meningkatnya suatu persaingan, manajemen
layanan sistem informasi membantu sebuah perusahaan untuk bersaing di pasar
bebas karena manfaatnya bagi perusahaan itu sendiri.
kesimpulan yang dapat diambil adalah , peranan manajemen layanan
sistem informasi adalah dalam persaingan antar perusahaan satu dengan
perusahaan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar