Senin, 27 November 2017

APA ITU SEO, SEM, SMM, DAN SMO ?

NAMA   : ABRAHAM HAVANA
NPM      : 10116041
KELAS  : 2KA19
DOSEN : DYAH AYU DAMAYANTI



Dalam dunia marketing online ternyata selain SEO ada beberapa istilah lain yang sering di gunakan untuk strategi pemasaran online. Apa saja itu, ini adalah SEM,SMM&SMO. apa yang membedakan dari masing-masing istilah tersebut ? berikut adalah pejelasan untuk mengenal lebih dalam mengenai istilah SEO,SEM,SMM&SMO

1.PENGERTIAN SEO (Search Engine Optimization)


Singkatan kata dari Search Engine Optimization, yakni sebuah proses atau kampanye untuk mendorong peringkat sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari, entah itu metode alami maupun berbayar. Kampanye SEO bakal berjalan mulus jika website menganut beragam elemen yang “disukai” oleh mesin pencari. Selain itu perlu ditopang dengan ketepatan pemilihan kata kunci (keyword) yang minim pesaing.
Memenangi SEO perlu menaklukkan dua area dasar untuk mendorong peringkat di hasil penelusuran, yakni on-page dan off-page. Optimasi on-page terpusat pada beragam elemen website yang menyokong sebuah laman web seperti gambar, konten tekstual dan kode HTML. Sedangkan optimasi off-page terpusat pada penyebaran lebih banyak backlink, yakni tautan (link) menuju website yang sedang dioptimasi.
Selain on-page dan off-page, ada tiga metode SEO yang berpengaruh pada peringkat hasil penelusuran mesin pencari yaitu: white hat, black hat dan gray hat. Jika ingin website lebih disukai oleh Google dan sejenisnya, pilih white hat ketimbang black hat. Namun sebagian perusahaan jasa SEO justru menawarkan metode gray hat dimana harganya lebih terjangkau ketimbang white hat.

2. PENGERTIAN SEM (Search Engine Marketing)
 


Singkatan kata dari Search Engine Marketing, adalah tipe internet marketing yang berhubungan dengan riset, submit dan posisi dari sebuah website pada hasil penelusuran mesin pencari demi meningkatkan jumlah pengunjung, entah itu alami atau berbayar. SEM bukan sekedar SEO biasa melainkan turut mengusung beragam elemen penting untuk memperoleh trafik lebih banyak, yakni riset kata kunci, analisis kompetitif, posting berbayar (paid listings) dan sejumlah layanan dari mesin pencari.
SEM punya jangkauan lebih luas ketimbang SEO. Jika tujuan utama SEO memperoleh hasil penelusuran lebih baik di mesin pencari, maka SEM bertujuan memperoleh pengunjung tertarget dari mesin pencari melalui iklan berbentuk link pada hasil penelusuran selain pencarian alami untuk memperoleh pengunjung tertarget menuju website.

3. PENGERTIAN SMM (Social Media Marketing)



SMM singkatan dari Social Media Marketing. SMM merupakan salah satu bentuk digital marketing yang memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasarannya. SMM bertujuan untuk menghasilkan konten dimana penggunanya akan berbagi melalui jejaring sosialnya untuk membantu meningkatkan dan memerluas jangkauan pelanggan. Bisa dikatakan melalui SMM ini akan mendongkrak nilai jual bisnis online milik Anda melalui media sosial.

4. PENGERTIAN SMO (Social Media Optimization)



" Yang biasa kita gunakan SOCIAL MEDIA , SOCIAL MEDIA OPTIMIZATION  meningkatkan sebuah visibilatas profil social media anda, aktifitas jejaring sosial anda dan konten anda yang di publikasikan sehingga mudah di temukan oleh orang yang mencari informasi behubungan dengan konten anda. SMO membantu atau bisa di gambarkan sebagi lampu lau lintas ke situs atau web blog, memudahkan bagi orang lain untuk berbagi ke cakupan teman mereka membangun komunitas di sekitar bran anda dan membantu mesin pencari mengindeks profil social media  anda dan posting blog menjadi lebih mudah."- Anonim

  Intinya anda harus memiliki atau mebuat profil social media dan menshare konten anda via sosial media anda melalui fitur share biasanya hanya teman dekat anda tetapi jika menarik mereka akan menshare ulang keteman mereka dan seterusnya..

1 komentar:


  1. tulisannya sudah cukup bagus, jangan lupa diperhatikan juga spelling-nya yaa..

    BalasHapus